SUMBERSARI SEHAT DENGAN SENAM TAICHI

19.14

--SENAM TAICHI--

      Pada Jumat pagi yang cerah Keluarga Besar Puskesmas Sumbersari mengikuti senam rutin, senam kali ini sedikit berbeda dengan senam - senam sebelumnya, bisa kita sebut dengan Senam Taichi. Senamnya sangat sederhana, tetapi sampai menguras keringat dengan gerakan yang simple seperti itu. "aku ajah gak kuat :( " (nining...)
Ini Dokumentasi Kegiatan Senam Taichi Puskesmas Sumbersari :








  
    Taukah teman - teman apa itu pengertian senam Taichi?? :o

Taichi  adalah sebuah bentuk seni beladiri dan senam kesehatan aliran halus dari Tiongkok. Kata Taichi pertama kali ditemukan didalam “Kitab Perubahan” pada zaman dynasti Zhou. Dalam kitab itu dikatakan: “ Dimana ada Taichi disitu tercipta kedamaian dan harmoni antara positive dan negative” . Taichi juga dapat  berarti supremacy atau yang tertinggi, kemutlakan, ke-ekstreem-an dan keunikanTaichi terbagi menjadi berbagai "gaya" yang pada dasarnya berasal dari satu akar dan konsep dasarnya hampir sama, namun bentuk gerakannya berbeda-beda.  Keberagaman bentuk gerakan taichi sehingga menambah khazanah pengetahuan para pecinta Taichi.


      Ada juga yang namanya Taichi Quan, Taichi ini mengambil nama dari implikasi dari superioritas. Tai Chi Quan menemukan namanya ketika seorang master Wushu sekuler dari Shanxi, master Wang Zongyue menggunakan phylosophy positive-negative dari Kitab Perubahan untuk menjelaskan prinsip2 dari Chuan.


      Beberapa gaya Taichi yang terkenal adalah gaya Chen, gaya Yang, gaya Sun dan gaya Wu. Yang paling terkenal adalah gaya Yang, gaya ini telah menjadi standar pengajaran Taichi ke seluruh dunia, yaitu lewat sebuah rangkaian gerak yang disebut "Beijing 24 step" atau Senam Taichi gaya 24 langkah yang telah distandarisasi oleh pemerintah Tiongkok sebagai bentuk baku untuk mengajarkan Taichi.


      Disamping sebagai olahraga bela diri, Olahraga taichi juga yang dalam bentuk senam taichi. Senam taichi ini sekarang sangat digemari oleh masyarakat, karena memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik.  Dengan latihan yang tekun dan sangat mendalam, senam taichi bisa digunakan untuk keperluan therapy atau pengobatan untuk berbagai macam penyakit.


      Melihat apresiasi masyarakat dunia terutama masyarakat Asia terhadap olahraga taichi. Kemudian pemerintah Tiongkok menciptakan jurus standar untuk pengajaran senam Taichi ini sebagai bagian dari olahraga Wushu , yang dikenal dengan nama 24 langkah Taiji Beijing pada tahun 1956, dan 42 langkah Taiji kompetisi pada tahun 1989. Kedua set standar ini dianggap lebih mudah untuk diajarkan dan ditampilkan dari pada jurus tradisional yang lebih panjang dan sulit. 

Semoga dapat bermanfaat. (nining...)


sumber : http://www.olahragakesehatanjasmani.com/2015/01/pengertian-senam-taichi.html

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images